Selasa, 23 April 2024

    Pemastian Pemenuhan CPOB Fasilitas Produksi Vaksin Sputnik V

    Setahun lebih lamanya masyarakat Indonesia hidup di tengah pandemi COVID-19. Hari demi hari, angka positif di Indonesia terus mengalami kenaikan tanpa ada yang mengetahui kapan pandemi in akan menampakkan penurunan. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menanggulangi pandemi ini, salah satunya berupa gerakan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi atau interaksi untuk menjaga agar pandemi tidak semakin bertambah parah.

    Selain penerapan protokol kesehatan, pemerintah juga berupaya meningkatkan imunitas masyarakat dengan pemberian Vaksin Covid-19. Badan POM memainkan peran yang sangat penting dalam menjamin mutu, keamanan dan khasiat Vaksin Covid-19 sebelum digunakan masyarakat Indonesia serta memastikan bahwa proses registrasi tidak menghambat ketersediaan obat di lapangan.

    Badan POM berkomitmen untuk menjaga mutu juga dilakukan dengan memastikan pemenuhan CPOB fasilitas produksi pembuatan Vaksin Sputnik V melalui inspeksi setempat yang telah dilakukan pada bulan Juni ini. Inspeksi setempat dilakukan di tiga fasilitas produksi yang terlibat dalam serangkaian proses produksi Vaksin Sputnik V yaitu JSC Generium, JSC Pharmstandart – UfaVITA, dan JSC Biocad. Diharapkan dengan pemastian melalui inspeksi setempat ini, Indonesia dapat selangkah menuju bebas pandemi COVID-19.

    Artikel Terkait

    Artikel Terbaru

    Artikel Lainnya

    Skip to content