Senin, 15 April 2024

    Dukungan Badan POM dalam Pengembangan Industri Bahan Baku Obat melalui Asistensi on-Site

    Dalam mendukung implementasi Inpres No. 6 Tahun 2016, sebagaimana tugas dan fungsinya, Badan POM terus berupaya untuk memfasilitasi pengembangan Industri Farmasi khususnya industri Bahan Baku Obat. Salah satu langkah yang telah dilakukan Badan POM, antara lain pelaksanaan kegiatan Asistensi On-Site. 

    Pada 19-21 April 2021, Direktur Pengawasan Produksi Obat NPP dan Tim Inspekstur CPOB melakukan Asistensi On-Site terkait Penambahan Fasilitas Produksi Bahan Baku Obat Povidone Iodine di PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia. Fasilitas Povidone Iodine merupakan penambahan fasilitas baru di samping fasilitas eksisting yang telah memiliki sertifikat CPOB untuk 10 Jenis Bahan Baku Obat.

    Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa fasilitas yang akan dilakukan Sertifikasi telah sesuai dengan ketentuan CPOB. Pada kegiatan ini juga dilakukan kunjungan ke fasilitas, review dokumen kesiapan fasilitas serta diskusi masalah dan kendala yang dihadapi Industri Farmasi dalam pembangunan fasilitas dan pengembangan bahan baku obat yang baru.

    Diharapkan dengan adanya dukungan dari Badan POM, pengembangan Industri Farmasi khususnya Industri Bahan Baku Obat dapat mewujudkan kemandirian bahan baku obat nasional.

    Artikel Terkait

    Artikel Terbaru

    Artikel Lainnya

    Skip to content