Senin, 15 April 2024

    Peningkatan Kepatuhan Pelaku Usaha melalui Asistensi Regulatori Tahun 2022

    Dalam mendukung implementasi Inpres No. 6 Tahun 2016, sebagaimana tugas dan fungsinya,  Badan POM terus berupaya melakukan percepatan pelayanan publik dan peningkatan daya saing. Salah satu langkah percepatan pelayanan publik yang telah dilakukan Badan POM, antara lain pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kepatuhan Pelaku Usaha melalui Asistensi Regulatori dengan pelaksanaan diskusi.  Selain itu juga, untuk peningkatan daya saing industri farmasi, Badan POM memberikan asistensi/pendampingan untuk penerapan CPOB bagi industri farmasi yang akan melakukan prekualifikasi WHO maupun ekspor ke negara-negara tertentu.

    Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 13 – 14 April 2022 di Savero Hotel Depok yang melibatkan sebanyak 10 (sepuluh) sarana. Peserta kegiatan ini adalah Industri Farmasi dan UTD PMI yang sedang dalam pengerjaan CAPA inspeksi, pengajuan sertifikasi, pengajuan persetujuan penggunaan bersama fasilitas obat untuk memproduksi produk nonobat, serta permohonan konsultasi lainnya antara lain terkait denah site baru, perubahan laboratorium, dan rencana penggunaan gudang di luar lokasi pabrik.

    Kegiatan ini dilaksanakan guna menyamakan persepsi antara evaluator dan industri farmasi sehingga perbaikan oleh Industri Farmasi menjadi lebih cepat dan tingkat kepatuhan Industri Farmasi terhadap CPOB menjadi lebih tinggi. Dengan adanya kegiatan ini tentu tidak hanya berdampak pada peningkatan pelayanan pelayanan publik di Direktorat Pengawasan Produksi Obat, NPP, tetapi juga diharapkan dengan adanya peningkatan timeline, penilaian kepuasan pelanggan terhadap pelayanan publik di Direktorat Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor juga dapat meningkat. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan aspek layanan publik dan tata laksana guna mendukung reformasi birokrasi dan meningkatkan kompetensi inspektur CPOB.

    Artikel Terkait

    Artikel Terbaru

    Artikel Lainnya

    Skip to content